Translate this blog

November 24, 2010

Tips : Sukses Menjadi Reseller Produk Bisnis


Jika kita tidak memilki produk sendiri alangkah baik jika kita menjual produk orang lain yang terkenal dengan istilah Reseller atau Affiliasi. Sudah menjadi komitmen kami untuk mengajak para reseller untuk sukses bersama. Untuk itulah kami berikan tips bagi reseller pemula dan mungkin bisa menjadi bahan untuk berbagi ilmu dengan reseller yang sudah berpengalaman. Tips-tips berikut merupakan hasil sharing pengalaman dari para reseller kami yang sudah sukses dan rangkuman dari artikel-artikel yang kami kumpulkan. Semoga bermanfaat.

  1. Menjadi reseller tidak ada susahnya dalam hal urusan membuat produk sehingga kita bisa fokus di pemasaran dan promosi.
  2. Kita bisa menguasai pasar produk tersebut jika kita yang pertama memasarkan di suatu daerah.
  3. Tidak perlu pusing dengan update produk karena itu adalah tanggung jawab pemilik produk.
  4. Resiko kerugian sangat minim.
Tips ini cocok untuk pemula yang memulai bisnis reseller. Ketika Anda bergabung dengan Sistem Reseler yang perlu diperhatikan adalah:
  1. Belajar, belajar dan belajar! Beberapa hal yang perlu kita pelajari untuk bisa menjadi reseller atau marketing yang handal antara lain tentang bagaimana cara berpromosi yang baik, cara memberikan pelayanan yang prima, dll.
  2. Action! Inilah yang terpenting. Seberapa banyak kita belajar bisa dikatakan tidak ada gunanya jika kita tidak bergerak atau berusaha.
  3. Learning by doing. Cara belajar terbaik adalah dengan mempraktekkan atau melakukannya.
  4. Fokus! Ini tidak kalah penting. Misalnya jika kita sedang bisnis menjadi reseller suatu produk dan belum lama menjalaninya kita sudah mengikuti atau menjalankan bisnis lain, begitu seterusnya yang pada akhirnya justru tidak mendapat apa-apa. Fokus dan matangkan dulu 1 bisnis reseller yang Anda jalani sebelum melirik bisnis lain.
  5. Silaturahmi. Benar. Sudah banyak bukti jika kita selalu menyambung tali silaturahmi dengan teman lama, teman baru, keluarga, dll, bisa membuka jalan bagi kita untuk memperluas pasar.
  6. Pelajari produk. Karena Anda pemula maka hal pertama yang harus dipelajari adalah kenali produk yang akan Anda pasarkan. Bandingkan dengan produk-produk lain yang serupa dan amati bagaimana respon pasar terhadap produk tesebut.
  7. Survey. Sudah berapa banyak iklan yang dilakukan oleh perusahaan, atau reseler lainnya. Kata kunci yang sudah berterbaran di google atau di mesin pencari, dll.
  8. Terakhir dan lagi-lagi yang terpenting, Action!
  1. Kalah bersaing, kalah start, kalah strategi, kalah pengalaman dengan pemilik produk atau reseler yang lebih dulu.
  2. Tidak paham terhadap produk knowledge atau pengetahuan tentang produk tersebut.
  3. Kurang tahu apakah produk itu dicari pasar, banyak pesaingnya, atau sudah jenuh.
  4. Tidak mengetahui cara beriklan yang benar, pemilihan kata-kata, lokasi iklan.
  5. Tidak bisa bersaing dengan iklan oleh perusahaan/pesaing yang lebih dulu sukses.

  1. Sekali lagi pelajari tentang produk tersebut, kelebihan dan kekurangannya.
  2. Cari produk pendatang/merk baru yang menurut Anda produknya sangat menarik untuk meminimalisir pesaing.
  3. Buat website sendiri (bukan replikator) yang mengulas sisi yang belum ada, jangan lupa upayakan yang lebih informatif.
  4. Jika pesaing hanya online jam 09:00 s/d jam 17:00, coba anda buat online mulai jam 07:00 s/d jam 22:00 atau bila Anda nekat 24 jam. Intinya beri pelayanan lebih yang tidak dilakukan oleh pemilik atau reseller pesaing.
  5. Tembak kata kunci yang belum dioptimasi. Contoh jika perusahaan menjual mobil tracking, anda bisa cari di google keyword tool kata sepadan yang belum teroptimasi misal: pelacak mobil, keamanan motor, sistem anti maling, dll.
  6. Tambahkan informasi pendukung, seperti jika Anda menjadi reseller billing warnet, disana tidak ada perhitungan biaya untuk membuat warnet, download software gratis, antivirus, tools PC, dll.
  7. Lakukan iklan di berbagai tempat (iklan baris, forum, social network, Pay per click PPC, dll) yang belum dilakukan oleh pemilik atau pesaing.
  8. Lakukan kegiatan yang proaktif misal support online, customer support online, diwebsite anda cantumkan hampir semua provider telpon Simpati, XL, Im3, Flexi, dll.
  9. Lakukan inovasi, koreksi dan belajar terus menerus.
Ini hanya tips dan trik sederhana agar Anda bisa sukses menjadi reseller. Jika Anda lakukan nanti Anda akan mendapat pengalaman yang tidak ternilai, dan pada akhirnya Insya Allah rejeki Anda akan mengalir deras. Jangan lupa semangat harus tetap terjaga, rasa optimis harus terus dipupuk, dan keyakinan bahwa sukses adalah hak tiap orang yang sungguh-sungguh mencari dan ingin mencapainya. Terakhir, semoga kita bisa meraih sukses bersama.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management